Wujudkan Generasi Emas Indonesia, Bhabikmatibmas Rutin Sambangi Sekolah

oleh -62 views

Polres Trenggalek – Bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas bukanlah perkara mudah. Selain harus piawai penyelesaikan berbagai persoalan khususnya terkait dengan aspek keamanan di desa, seorang Bhabinkamtibmas harus mampu berperan sebagai motivator sekaligus penyuluh yang handal. Tak terkecuali generasi muda maupun pelajar di berbagai jenjang pendidikan.

Hal inilah yang mendorong Bhabinkamtibmas jajaran Polres Trenggalek rutin menggelar kegiatan di sekolah-sekolah baik tingkat SD, SMP maupun SMA yang ada di desa binaan masing-masing.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bripka Arief Purwadi seorang Bhabinkamtibmas desa Mlinjon Kecamatan Suruh, kabupaten Trenggalek. Setiap hari senin, ia selalu bekeliling sekolah secara bergantian untuk bertindak selaku pembina upacara.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alatino, S.I.K. melalui Kapolsek Suruh Kompol Bambang Purwanto, S.H., M.H., mengungkapkan, peran Bhabinkamtibmas dalam mengelola Kamtibmas di desa sangat vital. Senin, (6/3).

Bersama unsur tiga pilar lainnya yakni Babinsa dan Kepala Desa berikut perangkatnya berperan aktif dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif. Termasuk diantaranya adalah menyiapkan generasi emas Indonesia di masa mendatang.

“Anak-anak ini adalah generasi masa depan. Generasi yang akan membawa Indonesia kea rah yang lebih baik. Oleh sebab itu harus disiapkan sejak dini agar tumbuh generasi yang tidak hanya smart tetapi juga tangguh dan memiliki jiwa nasionalisme yang kuat.” Ujarnya.

Sementara itu, Bripka Arief yang dihubungi tim redaksi usai menjadi pembina upacara di SDN 4 Mlinjon Kecamatan Suruh menuturkan, kegiatan seperti ini memang sudah menjadi rutinitasnya. Berkeliling sekolah untuk memberikan edukasi kepada para pelajar.

“Kebetulan saat ini bersamaan dengan digelarnya operasi Bina Kusuma Semeru 2023, jadi yang kami sampaikan terkait dengan wawasan kebangsaan, penjegaahan kenakalan remaja, pengetahuan dasar berlalu lintas hingga soal penyalahgunaan Narkoba.” Ucapnya.

Pihaknya juga berharap dengan pola edukasi yang ia lakukan ini sedikit banyak bisa membawa sumbangsih bagi tumbuh kembang anak sehingga generasi Indonesia yang cerdas, disiplin dan berprestasi dapat terwujud.