Wujudkan Postur Polri Ideal, Polres Trenggalek Rutin Selenggarakan Binrohtal

oleh -56 views

Polres Trenggalek – Salah satu kegiatan yang rutin digelar oleh jajaran Polres Trenggalek adalah Binrohtal atau pembinaan rohani dan mental. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Polres untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa anggotanya.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui KabagSDM Kompol M. Solichin, S.H. mengatakan transformasi menuju Polri yang Presisi tidak hanya diukur dari profesionalisme dalam menjalankan tugas semata tetapi juga mental kepribadian dan perilaku yang baik.

“Langkah untu mendorong itu semua salah satunya melalui kegiatan Binrohtal ini.” Ujar Kompol Solichin.

Pihaknya menerangkan, Binrohtal dilaksanakan serentak oleh seluruh jajaran Polres Trenggalek setiap hari Kamis. Ditingkat Polres dipusatkan di Majid Baitul Muttaqin yang berada di Mapolres. sedangkan Polsek jajaran di musala masing-masing.

“Bagi Polsek yang tidak memiliki musala bisa dilakukan di masjid terdekat atau memanfaatkan ruang aula. Kegiatan diawali dengan salat duha berjamaah, dilanjutkan dengan yasinan dan ditutup dengan ceramah agama.” Imbuhnya.

Agar lebih mengena lanjut Kompol Solichin, pihaknya kerap menghadirkan tokoh agama, kyai atau ulama baik dari Kemenag ataupun Pondok pesantren untuk memberikan pencerahan dengan tema yang bervariasi. Demikian pula bagi yang beragama non muslim.

“Agar wawasan keagamaannya bertambah dan tentunya Imtaq yang lebih kuat.” Ujarnya.

Selain itu, dengan Binrohtal ini pihaknya berharap bisa menikatkan kualitas kinerja didukung dengan mental dan akhlak yang baik serta nilai-nilai spiritual sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. Outputnya, kinerja akan menjadi lebih profesional dan meminimalisir pelanggaran.