Gelar Pelatihan Dalmas, Polres Trenggalek Libatkan Ratusan Personel

oleh -105 views

Polres Trenggalek – Dinamika Kamtibmas yang terus berkembang harus dibarengi dengan peningkatan kompetensi yang handal. Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek terus mengembangkan diri dengan mengasah keterampilan anggotanya sesuai dengan Tupoksi dari masing-masing satuan.

Mendasari hal tersebut, Polres Trenggalek secara periodik menggelar Latkatpuan atau Latihan Penngkatan Kemampuan bagi seluruh anggotanya. Tak terkecuali latihan pengendalian massa (Dalmas) yang melibatkan personel cukup banyak.

Mengambil tempat dihalaman Mapolres, ratusan personel yang tergabung dalam kompi Dalmas mengikuti pelatihan Dalmas. Pelatihan ini tidak hanya melibatkan anggota Satsamapta yang merupakan peleton Dalmas inti tetapi juga Polsek jajaran dan satuan fungsi lainnya dalam ikatan kompi. Rabu, (15/3).

Bertindak selaku instruktur adalah Kasatsamapta AKP Supadi, S.H. dibantu Kaurbinops Satsamapta Ipda Tri Yanuk P, S.H. serta sejumlah personel lainnya yang memang kompeten dan memiliki cukup pengalaman dibidang pengendalian massa.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. saat membuka pelatihan tersebut menegaskan, kompetensi merupakan salah satu faktor yang wajib dimiliki oleh setiap anggota Polri baik individu maupun ikatan kelompok sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

“Pelatihan rutin kita laksanakan, tidak hanya Dalmas tetapi juga pelatihan fungsi Kepolisian lainnya minimal seminggu sekali.” Tegas AKBP Alith.

Pelatihan Dalmas ini sengaja digelar sebagai bentuk kesiapan dan persiapan menghadapi tantangan dan dinamika Kamtibmas yang terus berkembang serta menghadapi beberapa agenda nasional kedepan diantaranya adalah Pemilu 2024 dimana tahapannya sudah mulai berjalan.

“Saya minta dalam pelatihan ini, semua personel bersungguh-sungguh, serius dan semangat serta militan sehingga sewaktu-waktu di butuhkan anggota dapat memahami tugasnya masing-masing.” Imbuhnya

Pihaknya menekankan bahwa proses pengendalian massa sudah diatur dan disusun sedemikian rupa melalui peraturan kepolisian terkait dengan penggunaan perkuatan, pengendalian massa berikut pengawasannya.

“Jadi selain praktek, saya harap para intruktur juga membekali peserta dengan pemahanan tentang aturan-aturan tersebut.” Tambahnya

Sementara itu Kasatsamapta AKP Supadi menuturkan, beberapa materi yang diberikan antara lain formasi Dalmas awal dan kompi Dalmas tangan terkait, bongkar pasang pelengkapan Dalmas, lintas ganti dengan Dalmas lanjut, pergerakan desak maju dan dorong maju, sikap berlindung, penyelamatan korban Unras, formasi bersaf maju ditutup dengan konsolidasi dan pemberian arahan terkait kekurangan dalam pegerakan dalam tahapan Dalmas.

Bukan itu saja, dalam pelatihan Dalmas kali ini juga diberikan pelatihan khusus bagi tim negosiator yang domotori oleh Satbinmas dan Polwan yang bertugas sebagai jembatan komunikasi antara massa dengan sasaran aksi.

“Kita buat simulasi seperti situasi sesungguhnya sehingga saat menghadapi kondisi seperti itu anggota tidak kaget dan sudah paham apa yang harus dilakukan.” Ujar AKP Supadi

AKP Supadi menambahkan, pada dasarnya setiap anggota Polri sudah menerima materi tentang Dalmas sejak dari masa pendidikan sehingga pelatihan tersebut berfungsi merefresh kembali dan meng-update dengan pengetahuan dan metode Dalmas terbaru.

“Dengan pelatihan ini diharapkan kompetensi personel dalam pengendalian massa semakin meningkat dan membawa dampak positif dalam memelihara dan menjaga Kamtibmas kondusif di wilayah Kabupaten Trenggalek” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.