Jelang Ramadan, Bhabinkamtibmas di Trenggalek Kerja Bakti Bersama Masyarakat Bersihkan Pemakaman

oleh -45 views

Polres Trenggalek – Mendekati bulan puasa Ramadan, umumnya masyarakat Kabupaten Trenggalek akan berbondong-bondong melakukan ziarah ke makan orang tua maupun sanak saudara. Ziarah makam ini sudah jamak dilakukan satu atau dua hari menjelang memasuki bulan Ramadan.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Bhabinkamtibmas desa Ngulankulon Kecamatan Pogalan bersama unsur tiga pilar bersama masyarakat setempat berinisiasi menggelar kerja bakti membersihkan area makam gunung cilik tepatnya yang berada di dusun Krajan. Kamis, (16/3).

Puluhan masyarakat yang terlibatpun nampak antusias membersihkan daun-daun kering, ranting pohon maupun sampah yang ada diseputaran area pemakaman umum tersebut. sebagaian diantaranya nampak menyapu dan membawa sampah kering ke tempat yang telah disediakan.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kapolsek Pogalan  Iptu Rudi Sugiharto, S.H. mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergitas antara Bhabinkamtibmas dengan masyarakat desa binaan.

“Sudah kami instruksikan agar menjelang bulan Ramadan ini, Bhabinkamtibmas lebih aktif di desa binaan masing-masing. Jika ada kegiatan kami wajibkan hadir di tengah masyarakat. Termasuk saat kerja bakti pembersihan makam.” Ujar Iptu Rudi.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Ngulankulon Bripka Bambang Suyanto, S.H. mengatakan, kerja bakti membersihkan area pemakaman umum merupakan kegiatan rutin yang dilakukan warga setiap tahunnya. Terlebih menjelang bulan suci Ramadan.

Selain area makam itu sendiri, jalan yang manjadi akses menuju makan dan tempat parkir pun tak luput dari aksih resik-resik tersebut.

“Alhamdulillah, masyarakat desa Ngulankulon ini sangat kompak. Jadi saat diumumkan ada kerja bakti antusias warga juga sangat tinggi.” Ujar Bripka Bambang.

Tak ketinggalan disela-sela kegiatan, pihaknya juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas terutama terkait dengan larangan penyulutan petasan, balon udara hingga ronda keliling menggunakan sound system berlebihan.