Kapolres Trenggalek Resmikan Taman Lalu Lintas Agropark

oleh -82 views

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. meresmikan taman lalu lintas yang berada di area agropark, tepat dibelakang pos lalu lintas Widowati. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Kapolres disaksikan oleh sejumlah pejabat utama Polres Trenggalek serta tamu undangan lainnya. Jumat, (17/3).

AKBP Alith mengungkapkan, taman lalu lintas ini bernilai sangat strategis karena dibangun disalah satu lokasi wisata edukasi Agropark yang memang kerap menjadi jujukan bagi anak-anak maupun pelajar tingkat TK maupun sekolah dasar.

“Sasaran utama dari taman lalu lintas ini memang anak-anak. Di tempat ini mereka tidak hanya mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan baru seperti berbagai tumbuhan dan binatang tetapi juga wawasan tentang kelalulintasan. Jadi, paket komplit lah.” Ujar AKBP Alith.

Taman lalu lintas itu sendiri bisa dibangun atas kerjasana yang baik antara Kepolisian dengan pemerintah daerah sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi masa depan bangsa khususnya bidang kelalulintasan.

“Tertib berlalu lintas adalah cermin peradaban dan budaya bangsa. Oleh sebab itu, kami sangat mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung hingga terbangunnya taman lalu lintas ini.” Imbuhnya.

Senada, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Yudiyono, S.H. menuturkan, pembangunan taman lalu lintas tersebut terinspirasi dari animo para pelajar TK/Paud yang datang ke Mapolres mengikuti kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak) yang cukup tinggi. Setiap hari sedikitnya satu rombongan siswa datang untuk belajar tentang lalu lintas.

Pada sisi yang lain, perangkat penunjang yang dimiliki oleh Satuan Lalu lintas sangat minim. Demikian pula dengan pola pembalajaran yang diterapkan lebih kepada penyampaian materi dengan metode bermain sambil belajar seperti menggambar dan mewarnai atau bernyanyi bersama dengan tema polisi dan lalu lintas.

“Kita sesuaikan dengan tumbuh kembang mereka. Anak-anak akan lebih mudah menerima informasi berupa visual. Nah, dengan taman lalu lintas ini mereka bisa berjalan-jalan keliling seperti halnya jalan raya sesungguhnya.” Ucap AKP Yudiyono

Guna mendukung hal tersebut, taman lalu lintas ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, lampu lalu lintas, mobil mainan, sepeda dan lain-lain. Pihaknya juga sudah menyiapkan petugas khusus dari unit Kamsel Satlantas yang berperan sebagai pendamping anak sekaligus menyampaikan materi.

“Jadi, anak-anak akan lebih mudah memahami arti rambu-rambu dan apa yang harus dilakukan.” Imbuhnya.

Pihaknya berharap, keberadaan taman lalu lintas ini dapat menambah kasanah pendidikandan bisa menjadi wahana edukasi baru bagi anak-anak sehingga kedepan tumbuh generasi yang unggul, patuh hukum dan tertib berlalu lintas.