Persiapan Pengamanan Kupatan, Polres Trenggalek Gelar Rakor Bersama Stakeholder

oleh -659 views

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek menggelar Rapat Koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan perayaan lebaran ketupat atau Kupatan di Kabupaten Trenggalek. Selasa, (16/4).

Dalam acara yang digelar di Rupatama Mapolres tersebut, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. memaparkan sejumlah kerawanan yang perlu diantisipasi bersama-sama sehingga perayaan kupatan dapat berjalan aman dan lancar.

“Ada beberapa titik kegiatan masyarakat yang menjadi prioritas yakni di Durenan, Kelutan dan Sambirejo. Kemudian di wilayah kecamatan lain seperti Gandusari, Tugu, Kampak dan Bendungan.” Ujar AKBP Gathut.

Pihakny mengatakan, beberapa potensi kerawanan yang perlu menjadi perhatian, diantaranya adalah penumpukan kendaraan terutama di simpang empat Durenan serta kriminalitas maupun kejahatan jalanan.

“Guna mengantisipasi hal tersebut, Kami sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus agar tidak terjadi kemacetan panjang dan akan mempertebal patroli yang melibatkan personel berseragam maupun tidak berseragam.” Ungkap AKBP Gathut.

Disamping itu, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, setiap perayaan kupatan cukup banyak ditemukan masyarakat yang menerbangkan balon udara dan menyulut petasan. Hal ini perlu mendapat perhatian lebih mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan.

“Tolong diingatkan dan diimbau kepada masyarakat agar tidak menerbangkan balon udara maupun menyulut petasan. Beberapa daerah bahkan sampai terjadi korban jiwa karena petasan.” Ujarnya.

Balon udara, lanjut AKBP Gathut, dinilai sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kebakaran mengingat material plastik yang mudah terbakar disertai dengan api yang digunakan untuk menaikkan balon udara.

“Apalagi kalau sampai jatuh diatap rumah atau instalasi listrik tentu dapat berdampak pada pemadaman yang merugikan kita semua. Selain itu, balon udara juga dapat mengganggu aktivitas penerbangan dan lalu lintas udara.” Imbuhnya.

Pihaknya menekankan, agar seluruh personel yang terlibat pengamanan tidak under estimate dan  senantiasa membangun sinergitas dan kolaborasi yang baik dengan stakeholder terkait sehingga proses pengamanan lebaran kupatan dapat berjalan aman dan lancar.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Wakapolres Trenggalek Kompol Mohamad Khoiril S.Pd., M.H., Pasiops Kodim 0806 Kapten Inf Agus Setiawan, para pejabat utama, Kapolsek jajaran, Forkopimca, perwakilan dari Dishub dan Satpol PP, kepala desa se Kecamatan Durenan, Ketua Senkom Mislani, serta Panitia kegiatan Kupatan Kelutan dan Sambirejo.

No More Posts Available.

No more pages to load.