Stop Bullying Polres Probolinggo Gelar Psikoedukasi Bagi Pelajar

oleh -13 views


PROBOLINGGO,- Mencegah perundungan atau yang sering disebut dengan istilah Bullying di kalangan pelajar, Polres Probolinggo Polda Jatim blusukan ke beberapa sekolah menggelar kegiatan Psikoedukasi.

Psikoedukasi yang diberikan konselor Polres Probolinggo yakni tentang bahaya perundungan terhadap kesehatan mental.

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana melalui Konselor, Bripka Mukhtar Yuliarto mengatakan bahwa Psikoedukasi di sekolah bertujuan untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif bagi pembelajaran.

Selain itu lanjut Bripka Muktar kegiatan psikoedukasi ini juga untuk mendukung kesehatan mental perkembangan anak dalam proses pendidikan.

“Psikoedukasi ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Biro SDM Polda Jatim dan Polres Probolinggo sebagai wujud kepedulian Polri pada dunia pendidikan,” kata Bripka Mukhtar, Selasa (11/6).

Pada kegiatan yang juga merupakan rangkaian menyambut Hari Bhayangkara ke – 78 tersebut, para pelajar diberikan materi dan motivasi untuk menjadi generasi penerus bangsa yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

“Target kami agar adik – adik pelajar ini terhindar dari kenakalan remaja hingga perbuatan yang melanggar hukum,” terang Bripka Muktar.

Anggota Polres Probolinggo dari Satuan Binmas ini menambahkan,kegiatan psikoedukasi diselenggarakan secara berkala dan bergantian ke sekolah – sekolah di Kabupaten Probolinggo.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa-siswi sehingga kualitas pendidikan semakin meningkat,” ucap Bripka Mukhtar.

Kegiatan Psikoedukasi ini disambut antusias oleh siswa-siswi dan para guru. Hal itu dilihat para pelajar mengikuti kegiatan yang dipandu oleh para Konselor Polres Probolinggo dengan semangat dan riang.

Seperti juga disampaikan oleh Abdi Budi Satriyo, salah seorang Kepala sekolah SMA Negeri di Probolinggo yang mengucapkan terimakasih kepada Polres Probolinggo Polda Jatim yang menerjunkan Tim Psikologi ke sekolahnya.

“Saya mewakili seluruh stakeholder di sekolah mengucapkan terimaksih kepada Polres Probolinggo dengan menerjunkan Tim Psikologi ke sekolah sebagai wujud kepedulian Polisi terhadap anak didik kami,”ungkapnya.

Sebagai informasi, Psikoedukasi adalah sebuah tindakan modalitas yang disampaikan oleh professional, yang mengintegrasikan dan mensinergikan antara psikoterapi dan intervensi edukasi. (*)