Tak Lagi Pakai Lintasan Zig Zag, Satlantas Polres Trenggalek Terapkan Ujian Praktik SIM Jalur S

oleh -807 views

Polres Trenggalek – Pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Kabupaten Trenggalek tak perlu resah lagi dengan ujian praktik yang dirasa cukup sulit. Ya, Satlantas Polres Trenggalek telah merubah sirkuit uji praktik SIM yang semula huruf 8 dan zig zag kini diganti dengan sirkuit berbentuk S.

Penggantian sirkuit uji praktik ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Ditlantas Polda Jatim dan Korlantas Polri dimana salah satunya adalah melakukan evaluasi dan perbaikan uji praktik SIM agar lebih mudah tanpa mengurangi substansi persyaratan kompetensi dan keterampilan mengemudi kendaraan bermotor khususnya roda dua.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasatlantas AKP Yudiyono, S.H. menegaskan, terdapat beberapa jalur ujian praktik SIM yang harus dikuasai oleh setiap pemohon diantaranya adalah uji jalur lurus sepanjang 20 meter, uji keseimbangan dengan jalur huruf S, uji reaksi rem yang menyerupai huruf Y dan uji berbalik arah berbentuk huruf U.

“Sirkuit baru ini telah kita berlakukan sejak hari Sabtu tanggal 5 Agustus 2023 kemarin.” Jelas AKP Yudiyono.

Lebih lanjut pihaknya menerangkan, berdasarkan hasil evaluasi atas uji praktik baru ini ditemukan hampir 90 persen peserta ujian praktik dinyatakan lolos tanpa harus mengulang. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi para pemohon SIM khususnya di Kabupaten Trenggalek.

Pihaknya berharap, dengan sirkuit baru ini bisa lebih memudahkan masyarakat yang mengikuti uji praktik SIM selaras dengan meningkatnya kesadaran masyarakat serta menumbuhkan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas sehingga Kamseltibcarlantas kondusif dapat terwujud.

No More Posts Available.

No more pages to load.