Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Trenggalek: Pancasila Adalah Pemersatu Bangsa

oleh -806 views

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. turut hadir dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha, Kabupaten Trenggalek. Minggu, (1/10).

Bertindak selaku pimpinan upacara adalah Wakil Bupati Trenggalek Syah Natanegara dan komandan upacara dipercayakan kepada AKP Rohmad Hudi. Sementara, di kursi undangan nampak hadir jajaran Forkopimda, Kepala OPD serta tamu undangan lainnya.

Selain mengirimkan personel untuk mengikuti peringaatan hari kesaktian Pancasila di pendopo, Polres Trenggalek juga menggelar upacara yang sama dan diikuti oleh seluruh personel Polres dan perwakilan dari Polsek jajaran.

Sebagai inspektur upacara adalah Wakapolres Trenggalek Kompol Sunardi, S.Pd., Perwira Upacara : AKP Supadi, S.H.  yang juga menjabat sebagai Kasatsamapta dan Komandan Upacara diamanatkan kepada Ipda Iswanto, S.H. yang sehari-hari menjabat sebagai Kanit Turjawali Satsamapta.

Dalam upacara tersebut turut dibacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang berisi kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dikonfirmasi terpisah, AKBP Gathut menegaskan, Pancasila bukan saja sebagai lambang dan dasar negara tetapi juga sebagai falsafah hidup berbangsa dan bernegara. The founding father Indonesia telah sepakat menjadikan Pancasila sebagai pemersatu dari karagaman suku, adat dan budaya sebagaimana tercantum dalam Bhineka Tunggal Ika.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen tepat untuk menggugah kembali semangat perjuangan dan kesetiaan kepada ideologi negara Pancasila. Menjadi tugas kita bersama untuk menjaga Pancasila. Tidak sekedar menghafal tetapi juga mengamalkan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.” Ujar AKBP Gathut

Lebih lanjut AKBP Gathut menuturkan, perjalanan sejarah Indonesia telah mencatat bahwa Pancasila telah berkali-kali hendak ditumbangkan, namun hingga saat ini tetap berdiri tegak dan terbukti mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

“Seperti ikrar yang kita ucapkan bersama-sama bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI. Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.