Kunjungi Polres Trenggalek, Bidpropam Polda Jatim Bekali Anggota Tentang Etika Profesi

oleh -80 views

Polres Trenggalek – Bidpropam Polda Jatim memberikan pembekalan tentang etika profesi Polri kepada personel Polres Trenggalek. Pemebekalan sekaligus sosialisasi Perpol nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Polri ini diikuti oleh puluhan anggota dari Polres maupun Polsek jajaran. Kamis, (5/10).

Dalam acara yang digelar di Rupatama Mapolres Trenggalek tersebut Ketua Tim Kompol Ki Ide Bagus Tri, S.I.K. yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubbidprovos Bidpropam Polda Jawa Timur menegaskan, bahwa kegiatan serupa juga dilaksanakan di beberapa Polres jajaran lainnya.

Selain sebagai evaluasi, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahanan anggota tentang aturan yang mengikat sebagai anggota Polri. Menurutnya, sudah menjadi konsekuensi bahwa setiap tingkah laku baik atau perbuatan diatur sedemikian rupa dengan tingkat disiplin tinggi.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mencegah terjadinya pelanggaran maupun penyimpangan oleh anggota.” Tegasnya.

Pihaknya menambahkan, Perkembangan dunia dan teknologi informasi saat ini sangat memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi. Termasuk diantaranya memanfaatkan sebagai saluran menyampaikan pengaduan.

Setiap pengaduan yang masuk wajib ditindaklanjuti sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas serta profesionalitas kerja. Meski demikian, pihaknya memastikan akan melakukan pendalaman terlebih dahulu.

“Program yang sudah ada silahkan dilanjutkan. Sosialisasikan juga kepada masyarakat luas terkait dengan Dumas. Karena dengan adanya nomor aduan tentunya memudahkan kita dan lebih cepat menangani.” Imbuhnya.

Sementara itu, kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. yang diwakili oleh Kabagsumda Kompol M. Solichin, S.H. menuturkan, pihaknya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bidpropam Polda Jatim yang telah memberikan arahan dan pembekalan kepada anggota Polres Trenggalek.

Pihaknya menginstruksikan kepada para peserta agar benar-benar serius dan memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang ngansuh kaweruh kepada para nara sumber. Jika ada hal yang tidak diketahui atau ragu-ragu jangan malu untuk bertanya.

“Kedepan tantangan kita tidak bertambah mudah. Tantangan tersebut harus dijawab dengan profeionalisme kerja. Mari kita jaga marwah dan wibawa institusi kepolisian dan berikan pengabdian yang terbaik.” Ucapnya.