Patroli Wilayah Panggul, Kapolres Trenggalek Ajak Warga Jaga Kamtibmas Kondusif

oleh -72 views

Polres Trenggalek – Memasuki pekan pertama bulan suci Ramadan, Kepolisian Resor Trenggalek menggelar sambang Ramadan sekaligus patroli wilayah. Tak tanggung-tanggung kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. didampingi sejumlah pejabat utama. Kamis, (30/3).

Sasaran dari sambang Ramadan kali ini adalah wilayah pesisir tepatnya kecamatan Panggul dilanjutkan dengan tatap muka bersama para tokoh masyarakat, agama dan pemuda se Kecamatan panggul yang mengambil tempat di Mapolsek Panggul.

 “iya benar, hari ini kami menggelar patroli wilayah sekaligus berdialog dengan para tokoh masyarakat untuk memastikan situasi Kamtibmas selama bulan Ramadan ini berlangsung kondusif.” Jelas AKBP Alith.

Orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini mengungkapkan, selain aspek keamanan, sambang Ramadan ini merupakan salah satu upaya untuk mempererat tali silaturahmi dan sinergitas antara kepolisian dengan masyarakat.

Berdasarkan hasil evaluasi, setiap menjelang lebaran terjadi peningkatan ekskalasi kejahatan seperti pendurian, penipuan maupun kriminalitas lainnya. Kondisi ini tentu harus menjadi perhatian semua pihak termasuk kalangan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya kembali meminta kepada seluruh tokoh yang hadir untuk membantu mensosialisasikan terkait dengan larangan menyulut petasan atau mercon karena sangat berbahaya.

“Tolong pak Camat, pak Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa disampaikan kepada masyarakat khususnya anak muda jangan bermain petasan. Menyulut saja tidak boleh apalagi membuat. Kejadian di Blitar dan yang lainnya jangan sampai terjadi di Trenggalek.” Imbuhnya.

Berikutnya, Kapolres murah senyum ini juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menerbangkan balon udara dan ronda sahur menggunakan sound system berlebihan yang justru dapat menimbulkan dampak negatif dan mengganggu masyarakat. Selain itu, pihaknya juga menyinggung tentang balap liar yang telah banyak memakan korban jiwa.

“Mari bersama-sama menjaga Kamtibmas. Apa yang kami lakukan tidak akan berarti tanpa dukungan dan partisipasi dari masyarakat sekalian.” Ujar AKBP Alith.

Acara ditutup dengan penyerahan tali asih kepada sejumlah perwakilan warga yang hadir dilanjutkan dengan buka bersama, salat magribh berjamaah dan ramah tamah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Wakapolres Trenggalek Kompol Sunardi, S.Pd., pejabat utama Polres Trenggalek, Forkopimca Panggul, tokoh masyarakat serta Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa se-Kecamatan Panggul.