Kapolres Trenggalek Tinjau Pengamanan Lebaran di Sejumlah Lokasi Wisata

oleh -656 views

Polres Trenggalek – Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. meninjau langsung jalannya pengamanan lebaran di sejumlah lokasi wisata yang ada di wilayah pesisir Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Sabtu, (13/4).

Didampingi oleh pejabat utama dan Kapolsek Watulimo, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini berkeliling meninjau langsung jalur Lintas Selatan (JLS) maupun destinasi wisata yang kerap menjadi jujukan warga diantaranya, Pantai Mutiara, pantai 360 prigi, pantai Pasir Putih dan pantai Cengkrong.

Dalam kesempatan tersebut AKBP Gathut menyempatkan diri menyapa para wisatawan dan berbincang tentang situasi dan kondisi keamanan serta menampung keluhan mapun kitik dan saran dari pengunjung.

“Puncak arus balik lebaran dimulai hari ini sampai besok. Sebagain besar warga banyak yang memanfdaatkan sisa libur lebaran dengan berwisata bersama keluarga. Bisa kita lihat, kunjungan wisatawan hari ini di beberapa lokasi lebih ramai dibanding hari-hari biasa.” Ujarnya.

AKBP Gathut mengatakan, melonjaknya jumlah wisatawan yang berkunjung di lokasi wisata tersebut tentunya juga berdampak terhadap meningkatnya tingkat kerawanan di bidang keamanan. Sebagai langkah antisipatif, pihaknya mempertebal pengamanan dengan menerjunkan puluhan personel pengamanan.

“Jadi, selain pengamanan jalur arus balik, pengamanan lokasi wisata juga menjadi prioritas kami. Tidak hanya di Watulimo tetapi juga wilayah kecamatan lain yang memiliki destinasi wisata unggulan.” Imbuhnya.

Guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung wisata, khusus di Watulimo yang merupakan destanasi wisata favorit dengan jumlah pengunjung yang cukup besar baik dari warga lokal maupun luar kota, Polres Trenggalek mengerahkan sedikitnya ratusan personel pengamanan.

Keseluruhan personel tersebut ditempatkan pada titik-titik rawan kemacetan dan kriminalitas yang tersebar mulai dari Durenan, JLS hingga jalur lama melalui desa Gemaharjo. Sedangkan khusus di lokasi, Polres Trenggalek menerjunkan sejumlah polisi pariwisata (Polpar) dari unit Satsamapta.

“Situasi arus lalu lintas H+3 lebaran di JLS tepatnya di pintu masuk pantai Karanggongso, Pasir putih dan Mutiara terpantau ramai namun lancar. Upaya yang kami lakukan antara lain, mendirikan pos pantau di tiap pintu masuk lokasi wisata, penggelaran personel dan pengaturan pada titik-titik rawan kemacetan sehingga meskipun ramai namun arus lalu lintas tetap lancar.” Tambahnya.

Dari pengamatan tim redaksi, hingga siang ini pengunjung terbanyak berada di pantai pasir putih mencapai 2.800 orang disusul pantai mutiara sebanyak 2.250 orang dan pantai 360 Prigi mencapai 500 pengunjung.

“Kami imbau kepada para pengunjung agar hati-hati dan waspada. Gunakan perangkat keselamatan dan patuhi arahan dan imbauan dari petugas. Bagi pengendara, tetap patuhi aturan lalu lintas dan memperhatikan keselamatan selama di jalan. Jika lelah atau mengantuk, silahkan beristirahat karena banyak rest area disepanjang JLS” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.