Banyak Rumah Ditinggal Mudik Lebaran, Polres Trenggalek Galakkan Patroli Pemukiman

oleh -1,288 views

Polres Trenggalek – Sejumlah petugas kepolisian tertangkap kamera sedang berkeliling pemukiman penduduk di seputaran kota Trenggalek. Tak sekadar berkeliling, petugas juga menyampaikan imbauan melalui speaker yang terpasang pada kendaraan dinas tersebut. Selasa, (9/4).

Usut punya usut, petugas kepolisian yang merupakan personel dari Satbinmas Polres Trenggalek yang juga merangkap sebagai anggota Satgas Preemtif Operasi Ketupat Semeru 2024 yang sedang melakukan patroli pemukiman menjelang lebaran.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasatbinmas AKP Rohmad Hudi, S.Pd. mengatakan patroli pemukiman penduduk tersebut sengaja dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan gangguan Kamtibmas dengan sasaran rumah warga yang kosong ditinggal mudik lebaran.

“Iya betul, kami mengerahkan satu tim, dilengkapi dengan kendaraan yang berfungsi sebagai public address, menyuarakan kepada masyarakat agar hati-hati dan waspada terhadap keamanan lingkungan setempat.” Ungkapnya.

Lebih lanjut AKP Rohmad Hudi menuturkan, sasaran prioritas patroli ini adalah pemukiman penduduk atau komplek perumahan yang banyak yang ditinggal mudik lebaran diluar kota sehingga rawan menjadi sasaran pelaku kriminalitas seperti pencurian atau perampokan.

Dalam public address tersebut, petugas menyampaikan beberapa imbauan diantaranya mengecek dan memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman terkuci, mematikan kompor dan listrik yang tidak perlu serta makanan hewan peliharaan.

“Disamping itu kita sampaikan juga agar masyarakat menghindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain diantaranya, merayakan Idul Fitri dengan kegiatan positif, tidak menyalakan petasan maupun menerbangkan balon udara.” Imbuhnya.

Agar lebih efektif, petugas tidak hanya berkeliling tetapi juga berinteraksi dengan masyarakat, terutama warga yang memang tidak melakukan mudik lebaran untuk bersama-sama membantu terwujudnya Kamtibmas yang kondusif.

“Jika mengetahui hal-hal yang mencurigakan, bisa melaporkan kepada Bhabinkamtibmas maupun kantor atau pos polisi terdekat.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.